KERAJAAN CINTA19
ITz MäSTéR M!STëR HELMY'S RéÄL BLÖG

5 Konsep Penting Motivasi Belajar

Label:
Pertama

Motivasi belajar adalah proses internal yang mengaktifkan, memandu dan mempertahankan perilaku dari waktu ke waktu. Individu termotivasi karena berbagai alasan yang berbeda, dengan intensitas yang berbeda. Sebagai misal, seorang siswa dapat tinggi motivasinya untuk menghadapi tes ilmu sosial dengantujuan mendapatkan nilai tinggi (motivasi ekstrinsik) dan tinggi motivasinya menghadapi tes matematika karena tertarik dengan mata pelajaran tersebut (motivasi intrinsik).



Kedua

Motivasi belajar bergantung pada teori yang menjelaskannya, dapat merupakan suatu konsekuensi dari penguatan (reinforcement), suatu ukuran kebutuhan manusia, suatu hasil dari disonan atau ketidakcocokan, suatu atribusi dari keberhasilan atau kegagalan, atau suatu harapan dari peluang keberhasilan.



Ketiga

Motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan penekanan tujuan-tujuan belajar dan pemberdayaan atribusi.



Keempat

Motivasi belajar dapat meningkat apabila guru membangkitkan minat siswa, memelihara rasa ingin tahu mereka, menggunakan berbagai macam strategi pengajaran, menyatakan harapan dengan jelas, dan memberikan umpan balik (feed back) dengan sering dan segera.



Kelima

Motivasi belajar dapat meningkat pada diri siswa apabila guru memberikan ganjaran yang memiliki kontingen, spesifik, dan dapat dipercaya.



Keenam

Motivasi berprestasi dapat didefinisikan sebagai kecendrungan umum untuk mengupayakankeberhasilan dan memilih kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada keberhasilan/kegagalan. Siswa dapat termotivasi dengan orientasi ke arah tujuan-tujuan penampilan. Mereka mengambil mata pelajaran-mata pelajaran yang menantang. Siswa yang berjuang demi tujuan-tujuan penampilan berusaha untuk mendapatkan penilaian positip terhadap kompetensi mereka. Mereka berusaha untuk mendapat nilai baik dengan cara menghindar dari mata pelajaran yang sulit. Guru dapat membantu siswa dengan mengkomunikasikan bahwa keberhasilan itu mungkin dicapai. Guru dapat menunggu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dan sejauh mungkin menghindari pembedaan prestasi di antara para siswa yang tidak perlu.
0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Aku adalah otak..aku adalah mata..aku adalah kepala..aku adalah mulut..lidah adalah juga aku..akulah wajah..aku adalah hati..aku adalah denyut nadi..akulah jantung..aku adalah nafsumu..aku adalah ruhmu..aku adalah tubuh..aku adalah kaki tangan..akulah tujuan..segala tujuan.. Aku lahir dr cinta..Hidup dg cinta..Mati untuk cinta..Aku adalah cinta..CINTA ADALAH HAKIKAT..

CHAT disini ae..............


ShoutMix chat widget

Followers


Labels

Siapa musisi indonesia yang kamu suka ?

MY VISITORS :

ITZ ME...........

ITZ ME...........
BALADEWA SEJATI TAK AKAN PERNAH MATI

WHAT TIME IS IT ?